Keberagaman Komunikasi Beserta Contoh - Contohnya

Keberagaman Komunikasi Beserta Contoh - Contohnya - Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, atau kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terbuhung dengan lingkungan dan orang lain. Dalam pembahasan kali ini kami ingin menyampaikan pembahasan tentang Keberagaman Komunikasi, tapi sebelum itu kamu harus mengetahui apa sih itu Keberagaman Komunikasi menurut para ahli.

Apa Itu Keberagaman Komunikasi ?

Keberagaman Komunikasi adalah satu atau lebih metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang saling terhubung antar individu, baik itu hubungan perorangan, golongan dan masyarakat.

Dalam Keberagaman Komunikasi ini dibedakan menjadi 4 yaitu sebagai berikut :

  1. Komunikasi Audio
  2. Komunikasi Video
  3. Komunikasi Audio dan Video
  4. Komunikasi Data

1. Komunikasi Audio

Komunikasi Audio adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media audio. Komunikasi itu sendiri didefinisikan sebagai "suatu proses seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang menciptakan juga menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Sedangkan media audio itu sendiri adalah " media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal (kedalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal". Jadi komunikasi audio adalah proses seseorang untuk dapat bertukar informasi juga berinteraksi dengan orang dan lingkungannya melalui lambang auditif (audio) baik dalam bentuk komunikasi verbal maupun non verbal.

Macam - Macam Komunikasi Audio :

Ada 5 macam komunikasi audio yang paling sering kita kenal. Kelima audio tersebut adalah audio streaming, audiovisual, audio response, audio oscillator, audio modem riser sebagai berikut :

  1. Audio Visual adalah Sebuah metode perangkat sound sistem yang sudah dilengkapi dengan penampilan gambar yang biasa digunakan untuk sebuah presentasi dan lainnya.
  2. Audio Streaming adalah istilah yang digunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui internet. Berbeda dengan cara yang lain yaitu biasanya mendownload terlebih dahulu file dan menyimpan di dalam komputer kemudia memutar file tersebut.
  3. Audio Response adalah Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
  4. Audio Oscillator adalah produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya.
  5. Audio Modem Riser adalah sebuah kartu plug in pada motherboardIntel yang memuat sirkuit audio atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog yang diperlukan untuk operasi modem dan atau audio.

Macam - Macam Perangkat Audio :


  1. Audio CODEC : Melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth
  2. Audio Controller : Melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.
  3. Mikropon & Speaker : Merupakan perangkat input/output dalam sistem audio Sedangkan komunikasi audio adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.


Prinsip - Prinsip Komunikasi Audio :

  1. Kata-kata adalah simbol dari hal-hal nyata tetapi bukan hal-hal itu sendiri.
  2. Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata.
  3. Semua hal mengalami perubahan, yang tetap adalah perubahan itu sendiri.
  4. Hindari orientasi yang bersifat kaku Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.

Contoh Media Komunikasi Audio :

1. Telepon


2. Radio


3. Tape Recorder


4. Walkie - Talkie


2. Komunikasi Video

Komunikasi Video adalah sebuah alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau penglihatan atau singkatnya adalah sebuah alat komunikasi yang dapat dilihat oleh mata manusia, komunikasi ini memungkinkan beberapa orang untuk bertemu pada saat yang sama tanpa memperdulikan tempat dan waktu. Komunikasi ini memungkinkan anda untuk melakukan sesuatu tanpa harus menemui si penerima.

Manfaat Komunikasi Video : 

  1. Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa harus bertemu dengan si penerima.
  2. Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang atau beberapa orang dalam jarak yang jauh tanpa mengenal waktu.
  3. Dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran.

Bentuk - Bentuk Komunikasi Video :

Terdapat banyak macam bentuk - bentuk komunikasi video dalam kehidupan sehari - hari contohnya sebagai berikut :

  1. Gambar / Foto adalah bentuk komunikasi video yang paling sering kita jumpai dan paling umum digunakan, gambar / foto biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan iklan dan lain sebagainya
  2. Sketsa adalah komunikasi video dalam bentuk gambar sederhana atau bisa juga disebut sebagai draft kasar yang melukiskan gambar pokok tanpa detail. Sketsa juga bisa memperjelas sebuah pesan.
  3. Diagram / Sketsa adalah bentuk komunikasi video yang berbentuk gambar sederhanayang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar
  4. Bagan / Chart adalah sebuah komunikasi video yang menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna oleh si penerima. Bagan juga dapat memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian.
  5. Grafik adalah bentuk komunikasi video yang berupa gambar sederhana yang menggunakan garis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Misalnya grafik tentang pertumbuhan.

Contoh Media Komunikasi Video :

1. Videotron


2. Proyektor


3. Running Text


3. Komunikasi Audio dan Video

Komunikasi Audio dan Video adalah Proses atau hal yang disampaikan berupa informasi kepada orang lain yang berupa gambaran / visualisasi sekaligus pendengaran / audio, Jika begitu maka Komunikasi ini mengandalkan Penglihatan juga Pendengaran.

Ciri-Ciri Komunikasi Audio dan Video :

  1. Komunikasi bersifat linier.
  2. Menyajikan visual yang sangat dinamis.
  3. Digunakan dengan cara yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya.
  4. Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak.

Manfaat Komunikasi Audio dan Video :

Manfaat dari komunikasi video dapat ditemukan dalam industri yang berbeda, seperti militer, pendidikan, kesehatan ( telemedicine ), administrasi, masyarakat, pendidikan profesional, perpustakaan dan materi pelajaran tertentu. Dengan berkembangnya zaman, sekarang media komunikasi video biasa juga kita gunakan dengan koneksi internet yang tersedia saat ini, misalakan kita ingin chating dengan menggunakan video call, kita bisa menggunakan vasilitas video call yang tersedia banyak di internet, misalnya Skype, dengan menggunakan ini anda bisa melakukan dan menghubungi siapapun untuk berkomunikasi dengan anda dengan menggunakan media komunikasi audio video.

Persyaratan Terjadinya Komunikasi Audio dan Video :

Syarat untuk terjadinya sebuah komunikasi audio video adalah kita harus dapat melihat sekaligus mendengar jadi untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran.

Contoh Media Komunikasi Audio dan Video :

1. Smartphone


2. Televisi


4. Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah adalah sebuah proses pengiriman dan penerimaan data / informasi dari dua atau lebih alat yang terhubung dalam sebuah jaringan baik lokal maupun yang luas, contohnya sepeti internet.

Jenis - Jenis Komunikasi Data :

  1. Terestrial adalah menggunakan media kabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini.
  2. Satelit adalah sebuah Jenis komunikasi data yang dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi lokasi yang tidak memungkinkan di bangunnya  insfrastuktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Satelit yang digunakan dapat sebagai pengirim, penerima, dan penguat.

Sistem komunikasi Data :

  1. Titik ke titik (point to point communications).
  2. Informasi dari sumber hanya ditujukan kepada satu point penerima saja. Contoh : telepon, fax, telegram.
  3. Titik ke beberapa penerima (multi communications).
  4. Informasi dari sumber ditujukan kepada beberapa point penerima saja. Contoh : jaringan dengan switch.
  5. Menyebar (broadcasting communications).
  6. Informasi yang diberika sumber dapat diterima oleh semua point yang terhubung tanpa terkecuali. Contoh : televisi broadcast, radio broadcast.

Contoh Media Komunikasi Data :

1. Aplikasi Internetworking


2. Komunitas Software


0 Response to "Keberagaman Komunikasi Beserta Contoh - Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel